Selasa, 11 Januari 2011

Yang Harus Diperhatikan Jika Mengadakan Resepsi Pernikahan di Luar / Kebun / Outdoor

Mengadakan resepsi pernikahan di luar ruangan (outdoor) atau sering juga disebut dengan pesta kebun memang menyuguhkan kesan yang lebih akrab dan santai. Resepsi outdoor sekarang ini sudah mulai banyak pasangan yang memilihnya. Namun mengadakan resepsi di luar ruangan ini perlu memperhatikan beberapa hal penting agar pesta pernikahan sekali seumur hidup ini dapat berlangsung dengan lancar.






1. Hujan
Hujan adalah ketakutan yang paling besar yang pasti dialami oleh pasangan pengantin yang mengadakan resepsi di luar ruangan. Betapapun meriahnya acara yang dilangsungkan, dan enaknya makanan yang disajikan, semua itu bakalan sia-sia jika di tengah acara tiba-tiba turun hujan deras. Ada baiknya dalam menentukan hari resepsi juga mempertimbangkan musim pada saat resepsi nanti. Pesta resepsi pernikahan di luar ruangan sudah sepatutnya dilakukan pada musim kemarau. Tetapi kadang cuaca memang tidak bisa ditebak, musim kemarau pun masih ada kemungkinan untuk turunnya hujan. Untuk itu biasanya pihak keluarga menggunakan jasa pawang hujan agar hujan tidak turun di daerah tempat resepsi tersebut.
Jika Anda termasuk yang tidak mempercayai hal-hal semacam itu, Anda tidak perlu menggunakan jasa pawang hujan, tetapi sebaiknya Anda memilih taman yang juga menyediakan gedung yang lumayan besar di area tersebut untuk tempat berteduh para tamu undangan apabila pada saat resepsi nanti terjadi hujan. Sediakan juga beberapa sajian makanan dan minuman di dalam gedung. Jika di tempat resepsi Anda tidak tersedia gedung untuk tempat berteduh, ada baiknya Anda menyewa tenda tambahan yang bisa diletakkan di pinggir area atau di tempat yang tidak terlalu mengganggu lalu lalang para tamu undangan. Sajian makanan dan minuman sebaiknya disediakan juga di dalam tenda ini, lebih baik lagi jika makanan dan minuman tersebut yang membuat hangat badan para tamu.
2. Orang Tua
Pernikahan adalah menyatukan ikatan kedua belah pihak keluarga. Bisa dikatakan yang menikah bukan hanya Anda dan pasangan saja, tetapi juga orang tua Anda dan seluruh keluarga. Sudah barang tentu tamu undangan pun tidak hanya berasal dari teman-teman Anda dan pasangan saja, tetapi juga para kerabat orang tua dan keluarga yang sudah berumur.
Perlu diperhatikan jarak antara tempat parkir undangan ke area tempat resepsi, biasanya resepsi pernikahan di luar ruangan diselenggarakan di sebuah taman dengan jarak ke tempat parkir yang jauh. Tidak semua orang tua bisa berjalan lancar, kadang beberapa dari mereka harus dituntun untuk bisa berjalan. Tamu undangan yang memakai kebaya pun dipastikan akan kelelahan jika berjalan di lahan terbuka dengan jarak yang lumayan jauh. Penempatan tempat istirahat (beberapa kursi dan sajian minuman) di beberapa titik tertentu selayaknya disediakan agar mereka bisa beristirahat sejenak.
3. Makanan dan Minuman
Seperti yang telah disebutkan pada poin-poin sebelumnya, penempatan makanan dan minuman dari katering harus mempertimbangkan faktor cuaca. Harus dipikirkan bagaimana jika terjadi hujan. Makanan yang disajikan sebaiknya dinaungi oleh tenda agar terhindar dari panas yang berlebih dan hujan. Ada baiknya juga jika Anda mempertimbangkan lebih banyak menyajikan makanan kering daripada berkuah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar